Mini Cart

  • No products in the cart.

Beragam Motif Batik Tulis dari Cirebon

In Story

Batik merupakan salah satu contoh kekayaan budaya di Indonesia, yang kualitasnya diakui sampai luar negeri. Batik tulis sendiri sangat digemari masyarakat, karena bukan hanya tampilannya yang Indah melainkan juga membawa makna yang sangat positif. 

Di daerah Jawa khususnya beragam jenis batik bisa ditemukan dengan mudah. Setiap daerah memiliki karakteristik batik masing – masing. Hal ini juga lah yang membuat Indonesia memiliki aneka jenis batik yang sangat mewah.

Cirebon sendiri merupakan salah daerah pembuat batik yang kualitasnya sudah diakui dunia. Batik tulis dari Cirebon memiliki ciri khas yang membedakannya dengan batik dari daerah lain. Pada artikel ini kami akan merangkum beragam motif batik dari Cirebon. 

Sejarah Singkat Batik Cirebon

Zaman dulu batik tidak mudah didapatkan oleh orang biasa, karena batik tersebut merupakan busana yang mewah. Jadi hanya kalangan Sultan keraton yang boleh menggunakannya. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat biasa pun kini sudah bisa memakainya.

Batik Cirebon sendiri memiliki motif yang sangat beragam, bahkan diketahui lebih dari 10 motif batik Cirebon populer di Indonesia. Saat itu pembuatan batik Cirebon tersebut menggunakan ornamen – ornamen yang ditemukan di alam, misalnya seperti ornament paksi naga liman, dan yang lainnya.

Beberapa Motif Batik Cirebon

Umumnya motif batik Cirebon sendiri sangat unik dan khas, sehingga tidak kalah jika dibandingkan dengan jenis batik lain di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa motif batik yang kerap diproduksi dari Cirebon. 

Batik Mega Mendung

Motif batik mega mendung merupakan salah satu motif yang sangat populer. Batik ini bahkan dijadikan sebagai ikon kota Cirebon sendiri. Disebut mega mendung karena gambar yang dibuat pada batik tersebut menyerupai awan – awan di langit.

Bukan hanya motifnya yang menarik, tetapi batik yang satu ini juga memiliki filosofi yang sangat mendalam. Inspirasi pembuatan motif batik ini adalah dari garis – garis awan yang bentuknya lancip dan lonjong. 

Beberapa ahli mengatakan bahwa pada motif batik tersebut, harus terdapat tujuh gradasi warna. Tujuh gradasi warna tersebut melambangkan tujuh lapisan yang ada di langit. Kata mendung pada batik tersebut memiliki arti sebagai kesabaran. Jadi manusia dituntut untuk selalu sabar di dalam hidup.

Motif Batik Patran Keris

Bukan hanya batik mega mendung berasal dari Cirebon, tetapi baik Patran keris juga merupakan batik khas Cirebon. Batik patran keris ini sendiri lebih menonjolkan sisi klasik pada motifnya. Motif yang satu ini umumnya sangat disukai oleh orang Jepang, untuk membuat kimono.

Motif batik ini kesannya sangat klasik, karena tidak banyak ornamen yang disematkan pada batik tersebut. Jadi buat anda yang lebih suka dengan motif batik yang tampilannya simpek, maka batik patran keris ini cocok dijadikan sebagai pilihan.

Motif Batik Cirebon Singo Barong

Batik Cirebon Singo Barong juga menjadi salah satu motif yang sangat digemari oleh masyarakat. Contoh batik mega mendung banyak ditemukan di pasaran, demikian juga halnya dengan contoh batik Singo barong ini. Motif ini juga sangat populer sehingga mudah ditemukan di mana – man.

Singo Barong merupakan kendaraan yang digunakan pada zaman kerajaan dulu. Jadi pada batik ini, gambar yang dimuat di dalamnya adalah singo barong tersebut. Singo barong ini ditarik oleh kerbau yang jumlahnya empat ekor, dan hanya sultan yang bisa mengendarainya. Ditambahkan juga ornament lain pada batik tersebut sehingga tampilannya jadi lebih semarak.

Motif Batik Cirebon Putri

Orang – orang tahu bahwa asal batik mega mendung dari kota Cirebon. Padahal masih banyak motif batik lain dari Cirebon, salah satunya adalah batik Cirebon putri ini. Disebut sebagai batik putri karena di dalam motifnya memang digambar seorang putri.

Putri yang digambar pada batik ini bukan merupakan putri dari keraton Cirebon, melainkan lebih menyerupai putri cina. Hal ini menjadi bukti bahwa akulturasi budaya telah terdapat pada pembuatan batik tersebut, sehingga semakin kaya dan bernilai. 

Motif Batik 3 Negeri

Batik motif mega mendung dikenal akan keindahannya yang sangat memikat. Ternyata batik 3 negeri juga memiliki desain yang tidak kalah indah dengan batik jenis lainnya. Batik 3 negeri ini memuat ornamen bunga dan tumbuh – tumbuhan yang sangat indah. 

Batik tulis ini memuat flora karena tujuannya untuk melambangkan sesuatu yang sangat indah dan mempesona dalam kehidupan. Batik selalu membawa nilai – nilai positif. Batik 3 negeri ini juga demikian, karena diharapkan mampu menyelaraskan keindahan dalam hidup. 

Motif Batik Ciwaringin Bangau

Batik Cirebon mega mendung memang sudah mendunia, karena ciri khasnya yang sangat unik. Di Cirebon masih ada batik lain yang sangat khas dan unik, yakni batik Ciwaringin bangau. Sesuai dengan namanya di dalam motifnya terdapat gambar bangau. 

Batik ini memiliki latar kain berwarna hitam. Selain itu, di dalamnya terdapat burung bangau yang diubat dengan warna emas. Burung bangau digunakan sebagai lambang kesetiaan masyarakat terhadap kota Cirebon sendiri.

Batik ini memiliki tampilan yang sangat indah, karena di dalamnya dibuat juga ornament berupa awan – awan, seperti batik mega mendung dari Cirebon, hanya saja warna pada wak Ciwaringin bagau dibuat dengan warna merah mudah. 

Motif Batik Wedasan

Batik Wedasan dari Cirebon juga memiliki ciri khas yang sangat menarik. Ornamen yang ditonjolkan pada batik ini adalah ornament dedaunan, ranting, dan unsur – unsur alam lainnya. Batik Wedasan ini umumnya hadir dengan nuansa keraton, oleh karena itu, kebanyakan latan yang digunakan merupakan putih dan coklat. 

Saat ini jenis batik mega mendung semakin banyak, demikian juga halnya dengan batik wedasan tersebut. Ornamen dan warnanya terus berkembang, sehingga semakin unik dan menarik. Inovasi pada ornamen dan warna membuat batik terus bertahan dan digemari oleh masyarakat.  

Motif Batik Tanaman Teratai

Bunga sering dijadikan sebagai ornamen dalam batik, karena bentuknya yang khas dan keindahannya yang memikat. Bunga teratai merupakan salah satu jenis bunga yang sangat indah, sehingga dimasukkan ke dalam ornamen batik tanaman teratai dari Cirebon.

Jika warna batik mega mendung terdiri dari tujuh gradasi, maka pada batik tanaman teratai ini umumnya hanya memuat tiga warna saja, yakni coklat, hitam, dan juga kuning keemasan. Latar batik dibuat dengan warna kuning keemasan, dan motif bunganya dibuat dengan warna hitam dan coklat.

Sebenarnya masih banyak jenis motif batik lain dari Cirebon yang desainnya tidak kalah indah dengan batik jenis lainnya. Saat ini batik sudah banyak dimodifikasi menjadi busana yang indah dan mewah. 

Jika anda ingin mendapatkan kain batik yang berkualitas dan murah, maka Wirawanbatik.com merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkannya. Di sini berbagai jenis batik bisa anda dapatkan dengan kualitas terbaik. Batik tulis juga tersedia di sini dengan harga yang sangat terjangkau.