Mini Cart

  • No products in the cart.

Fantastis, Batik Termahal Seharga Ratusan Juta!

In Story

Batik tulis Indonesia merupakan warisan seni budaya peninggalan zaman nenek moyang yang bernilai tinggi. Selain bernilai tinggi, motif-motif dengan detail-detail rumit di setiap kain batik tulis mengandung makna mendalam dari berbagai daerah. 

Dengan teknik dan pengalaman bertahun-tahun dalam membuat batik tulis, seniman batik bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikan satu potong kain batik tulis.

Selain menjadi identitas bangsa, secara historis teknik pembuatan batik telah dikenal ribuan tahun lalu dan populer dikenakan oleh keluarga kerajaan di zaman dahulu.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kain batik tidak hanya identik dengan golongan tertentu saja, tetapi juga dikenakan oleh semua orang dari semua kalangan

Nah, tahukah kamu? Selain batik tulis yang biasanya dijual dengan harga tinggi dikarenakan proses pengerjaannya yang rumit, ada beberapa batik tulis yang sengaja dibuat diberandol dengan harga selangit!

Yuk cek beberapa motif-motif batik di Indonesia yang terkenal dengan harga fantastis:

- Batik Tiga Negeri
Dijual dengan harga mencengangkan dengan harga di atas Rp 100 juta. Batik ini merupakan kombinasi bunga, daun dan isen khas batik dan melalui proses pewarnaan di tiga daerah yaitu warna merah di Lasem, warna biru di Pekalongan dan warna coklat di Surakarta.

(www.infobatik.id)

- Batik Indonesia Corak Belanda
Batik ini memiliki gambar berupa bunga-bunga tulip atau karakter dongeng di Belanda. Batik corak ini dibuat langsung oleh wanita Indonesia keturunan Belanda.

(www.infobatik.id)

- Batik Halus Cirebon
Merupakan batik yang mengutamakan kualitas dan detail motif. Diperlukan waktu 1 tahun untuk membuat kain batik tulis ini dan biasanya dijual sekitar Rp 30 jutaan.

(Foto: Instagram/@batik.tjanting.cirebon)