Mini Cart

  • No products in the cart.

Tujuh Warna Batik Mega Mendung

In Story

Pola awan raksasa dan warna batik mega mendung hanya terdapat pada batik Cirebon, sangat khas sehingga disebut sebagai “masterpiece” Cirebon. Keunikan awan raksasa tidak hanya terletak pada temanya, bentuknya mirip dengan citra awan dengan warna-warna yang berani, tetapi juga mengandung nilai filosofisnya.

Pola ini menggambarkan sekelompok awan di langit, konon pola ini lahir ketika seseorang melihat bentuk awan pada genangan air pada saat hujan dan mendung. Kemudian, ia menggunakan kain putih untuk menuangkan ide awan yang dilihatnya sebelumnya dalam bentuk garis lengkung, kemudian muncullah batik pola awan raksasa yang tertulis pada batik tulis. 

Mega  artinya awan, mendung artinya cuaca mendung dengan warna dasar merah dan awan biru, tujuh tingkatan warna dan merupakan warna asli Cirebon yang terkenal. Warna berani merepresentasikan filosofi pemimpin, sedangkan awan biru merupakan ciri khas pemimpin dan harus mampu melindungi seluruh masyarakat yang dipimpinnya.

Filosofi warna batik mega mendung

Pola awan raksasa yang selalu dihiasi warna biru dan merah pada awalnya menggambarkan suasana maskulin dan dinamis, karena membutuhkan campur tangan laki-laki dalam proses pembuatannya. Tradisi membatik paling awal adalah anggota tarekat. Biru dan merah tua juga menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang jujur, terbuka dan setara.

Selain itu, warna biru juga melambangkan langit yang luas, bersahabat dan tenang, serta penghujan yang merindukan kesuburan dan pemeliharaan hujan. Rentang biru yang digunakan berkisar dari biru muda hingga biru tua. Biru muda melambangkan kehidupan yang lebih cerah, dan biru tua melambangkan awan gelap yang berisi hujan dan memberi kehidupan padanya.

Pola dan motif batik Mega Mendung 

Selama proses pengembangan, motif Mega Mendung telah dimodifikasi sesuai dengan permintaan pasar. Tema mega mendung dipadukan dengan binatang, bunga atau tema lainnya. Sebenarnya batik tradisional sudah lama melengkapi kombinasi pola ini, namun dengan kreatifitas perancang busana, perkembangannya sangat pesat. 

Selain temanya, warna tema mega mendung yang semula berwarna biru dan merah, kini telah berkembang menjadi berbagai macam warna. Ada pola awan yang lebih dengan warna kuning, hijau, coklat dan warna lainnya.

Karena alasan ekonomis, proses produksi sebelumnya dengan menggunakan batik tulis dan batik printing diproduksi secara massal di pabrik melalui sistem sablon. Banyak hal yang membuat batik anda terlihat istimewa dengan cetakan dan motif uniknya. 

Dalam bentuk langit mendung raksasa, Anda bisa melihat lengkungan kecil dan besar yang menunjukkan koordinasi dan urutan pergerakan. Dapat dikatakan bahwa lengkungan tersebut memberi informasi moral yang senantiasa yaitu proses naik turunnya kehidupan manusia. 

Kemudian berkembang dari pencarian jati diri (mempelajari atau menjalani kehidupan sosial religius). Akhirnya setelah mengalami pasang surut (naik turun) dan akhirnya kembali ke asalnya (sunnatullah), ia membawa dirinya ke dunia baru dan memasuki penyatuan diri.  Nah ternyata banyak filosofi dibalik warna batik mega mendung.