Mini Cart

  • No products in the cart.

Apa filosofi batik motif Mega Mendung?

In Story

Jika anda penasaran dengan filosofi batik motif mega mendung, anda bisa simak informasi lengkapnya disini. Batik Mega Mendung berasal dari kota Cirebon dan bisa disebut salah satu ikon Kota Cirebon. Tak heran jika motif batik satu ini memang banyak diburu oleh masyarakat lokal, bahkan sampai luar negeri.

Motif batik mega mendung sebagian besar mempunyai pola awan dalam ragam budaya melanbangkan dunia berdasarkan faham Taoisme sebagai gambaran dunia yang bebas, luas, dan ketuhanan. Konsep awan tersebut juga serasi dengan adanya perkembangan masyarakat Sufi di abad 16. Ada tiga nilai dari filosofi batik mega mendung yang bisa anda tahu,

Dari segi nilai penampilan

Nilai satu ini berasal dari nilai struktur dan bentuk. Nilai bentuk dapat anda lihat secara visual adalah motif mega mendung yang tertuang pada kain yang indah terlepas dari penggunaan kain mewah seperti kain sutra atau katun.

Lalu dari segi struktur merupakan hasil dari ragam bentuk yang disusun sedemikian rupa berdasarkan nilai esensialnya. Ragam bentuk tersebut bisa berupa garis lengkung yang dibuat saling beraturan dan tidak terputus.

Nilai isi dan rasa batik Mega Mendung

Pada pola batik motif mega mendung pada batik tulis, anda bisa melihat garis garis lengkung yang dibuat secara teratur dari bentuk lengkungan yang paling kecil lalu melebar keluar, hal tersebut menunjukkan sesuatu yang harmonis.

Dapat dikatakan jika garis lengkung tersebut menyiratkan pesan moral tertentu dalam kehidupan manusia yang sering berubah lalu berkembang keluar saat mencari jati diri. Hal tersebut akhirnya membawa seorang manusia masuk ke dunia baru menuju penyatuan diri saat sudah melewati pasang surutnya kehidupan. Lalu akhirnya mereka kembali ke asalnya yaitu Pencipta.

Anda bisa lihat jika motif Mega Mendung selalu dibentuk dari lengkungan kecil yang selalu membesar keluar, dan pada akhirnya kembali pada putaran kecil namun tidak dapat terputus. Terlepas dari filosofinya bahwa Mega Mendung juga melambangkan kehidupan manusia secara utuh sehingga bentuknya saling menyatu.

Nilai pengungkapan yang ada di batik Mega Mendung

Ungkapan yang ditampilkan dalam batik satu ini adalah proses batik yang sangat indah. Goresan lilin pada kain dengan menggunakan canting dan dibentuk secara teliti mampu melahirkan motif batuk yang sangat indah ini.

Paduan unsur warna harmonis juga memberikan banyak makna bagi siapa saja yang melihat motif batik satu ini.  Adanya unsur warna biru melambangan warna langit yang sangat luas dan menenangkan.

Ditambah lagi dengan warna biru yang melambangkan sebagai kesuburan sehingga batik ini memang banyak menggunakan unsur warna biru dengan warna merah. Kombinasi warna pada batik motif mega mendung juga membuat batik terlihat lebih indah.