Mini Cart

  • No products in the cart.

Fakta Dibalik Batik Mega Mendung dari Cirebon

In Story

Ragam motif Batik yang berasal dari Indonesia sangatlah beragam, banyak motif batik mega mendung dari Cirebon dengan khas uniknya. Ragam batik tersebut mempunyai makna yang mendasari warna dan bentuknya. Ada banyak filosofi yang tertuang dalam indahnya batik tulis khas daerah masing-masing.

Di Jawa Barat mempunyai banyak motif Batik khas yang sudah dikenal dari masyarakat luas di Indonesia. Salah satunya adalah motif batik Mega Mendung yang asalnya dari Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Motif unik yang terkandung pada Batik Mega Mendung adalah bentuk awal dengan adanya garis lengkung halus dengan variasi warna yang sangat indah. Biasanya batik mempunyai desain sederhana dengan warna kalem dan seimbang dengan motif awan yang menjadi motif utamanya.

Motif Mega Mendung mempunyai arti yang indah

Motif batik satu ini mempunyai arti yang unik untuk penggunanya. Mega adalah frase yang artinya awan megah dan besar sehingga siapa saja yang menggunakan batik tersebut bisa terlihat berwibawa. Untuk kata mendung berarti teduh dan tenang.

Filosofi satu ini memang banyak dipercaya oleh banyak masyarakat Cirebon bahwa pengguna batik satu ini akan semakin terlihat berwibawa, megah, namun tetap memberikan kesan kalem. Tak heran jika batik satu ini sudah terkenal di dalam bahkan luar negeri.

Mengambil inspirasi dari Langit Mendung

Motif Mega Mendung memang dibuat dari seorang leluhur yang berasal dari Cirebon yang melihat adanya awan besar yang terlihat saat mendung sebelum hujan turun. Saat itu, dia memperoleh inspirasi yang digambarkan pada sebuah kain untuk membuat motif indah ini.

Namun ada juga cerita lain yang menyebutkan jika batik Mega Mendung berasal dari isrti Sunan Gunung Jati keturunan Tionghoa. Yang pasti batik mega mendung dari Cirebon ini memang mempunyai keindahan tersendiri bagi siapa saja yang menggunakannya.

Mempunyai komposisi warna yang indah

Warna batik Mega Mendung mempunyai ciri khasnya tersendiri yang sudah digunakan sejak dulu sampai sekarang sebagai patokan warna. Motif batik ini mempunyai dua dasar warna yang selalu dijadikan sebagai pondasi utama, seperti warna biru dan merah.

Warna dasar tersebut lalu dikombinasikan dengan 7 warna lainnya, seperti hitam, kuning, putih, orange, coklat, ungu, dan hitam. Namun seiring dengan perkembangan batik Mega Mendung banyak pula kombinasi warna yang mengikuti selera dan trend.

Mempunyai filosofi dan konsep yang dalam

Selain itu batik Mega Mendung juga mempunyai filosofi Ketuhanan. Konsen tersebut dituangkan dalam motif awan besar. Konsep awan tersebut mempunyai makna kebebasan tanpa batas. Biasanya terwujud dalam jarak antara awan yang berjauhan di setiap motifnya.

Selain itu adanya warna biru juga sering disebut dengan warna langit yang luas. Anda juga bisa gunakan batik mega mendung dari Cirebon ini sebagai oleh-oleh.