Mini Cart

  • No products in the cart.

Kain Termahal Yang Pernah Ada, Salah Satunya Batik Indonesia!

In Story

Kain, yang terbuat dari tenunan benang merupakan bahan dasar utama pembuat beragam jenis pakaian atau fashion-fashion dari zaman dahulu sampai zaman sekarang. Masing-masing kain memiliki karakteristiknya tersendiri, dimulai dari kain dengan kualitas menengah ke kualitas yang lebih premium. Setiap kain memiliki fungsi tertentu yang membuat beberapa kain menjadi lebih mahal dan memiliki predikat dengan nilai yang tinggi di mata masyarakat.

Di setiap negara, kain juga memiliki fungsi tertentu dan biasanya juga sering dibeli  oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh ketika pulang ke negara asal. Kain yang memiliki ciri khas tersendiri menjadi sangat spesial dan otomatis meningkatkan kualitas kain itu sendiri sehingga tidak jarang harga yang ditawarkan juga sangat mencengangkan.

Semakin tinggi harganya, semakin tinggi kualitas yang dimiliki oleh sebuah kain. Kualitas kain premium biasanya dilihat dari pola, tekstur serta durabilitas, bahkan tidak jarang selain untuk dipakai, kain dengan harga yang mahal memiliki nilai seni yang tinggi dan menjadikan kain tersebut menjadi incaran dari berbagi kalangan, khususnya kaum-kaum jetset yang biasanya memiliki hobi untuk mengoleksi berbagai variasi kain terbaik dengan nilai-nilai historis yang terkandung di dalamnya.

Mari kita bahas beberapa kain termahal dengan harga mengejutkan yang pernah ada! Salah satunya yang membanggakan adalah ada satu kain khas yang berasal dari Indonesia yang tidak hanya dicintai oleh orang-orang Indonesia sendiri, tetapi juga warga-warga mancanegara lho!

1. Kain Wol Vicuna

Pernah dengar hewan Vicuna? Wol Vicuna terbuat dari hewan Vicuna, berasal dari Amerika Selatan yang hidup di pegunungan Alpen yang tinggi di Andes, Peru. Suhu yang sangat dingin membuat kain wol ini sangat berharga karena mampu mempertahankan panas tubuh ketika dikenakan oleh penduduk-penduduk lokal. Kenapa wol ini dihargai sangat mahal? Vicuna tidak dapat menghasilkan wol dengan cepat setelah dicukur dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menumbuhkannya kembali. Kualitas dan kehalusan wol Vicuna serta keterbatasan barang, membuat harga wol ini sangat mahal. Harga wol Vicuna dengan ukuran 1 yard diberandol dengan harga antara $ 1,800 sampai dengan $ 3,000. Menarik, bukan?

2. Kain Sutra Murbey

Salah satu jenis kain yang harganya mahal dan digemari adalah kain sutra murbey. Kain jenis ini memiliki kualitas bahan yang sangat halus dan berkualitas tinggi yang berasal dari kepompong ulat sutra murbey (Bombyx Mori). Ulat sutra ini diternak dan diberi makan selama 18 hari dengan daun murbey, yaitu tumbuhan asal Cina yang dapat ditemukan di daerah-daerah tropis dan subtropis. Setelah menjadi besar dan padat, ulat-ulat ini akan membungkus dirinya menjadi kepompong sutra mentah. Selanjutnya, kepompong ini akan melalui proses yang menguraikannya menjadi benang.

3. Kain Batik Tiga Negeri

Salah satu jenis kain termahal yang berasal dari Indonesia! Dijual dengan harga mencengangkan dengan harga di atas Rp 100 juta. Batik Tiga Negeri ini merupakan kombinasi motif-motif bunga, daun dan isen-isen khas batik nusantara Indonesia. Dijual dengan harga yang fantastis karena pembuatan sehelai kain batik ini melalui proses pewarnaan di tiga daerah yaitu warna merah di Lasem, warna biru di Pekalongan dan warna coklat di Surakarta.