Mini Cart

  • No products in the cart.

Seserahan Yang Wajib Dibawa Saat Akan Melamar Gadis Sunda

In Story

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan sebelum melewati jenjang tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilaksanakan sesuai dengan adat daerah masing-masing, tak terkecuali dengan adat Sunda. Proses pernikahan adat Sunda diawali dengan acara Neundeun Omong, dimana pihak laki-laki akan datang ke keluarga pihak wanita untuk meminta izin menentukan tanggal lamaran.

Nah, setelah tanggal tersebut disepakati oleh kedua pihak, acara lamaran akan diselenggarakan sesuai dengan tanggal tersebut. Pihak dari lelaki yang meminang wanita pujaannya diwajibkan membawa seserahan berupa serangkaian barang yang biasanya digunakan oleh calon mempelai wanita di kehidupan sehari-harinya saat acara lamaran nanti.

Ini nih beberapa barang seserahan yang perlu dibawa saat kamu ingin meminang gadis Sunda:

- Perhiasan
Selayaknya adat-adat lainnya, kamu perlu menyiapkan seserahan berupa perhiasan seperti cincin, kalung, gelang dan anting-anting saat ingin melamar wanita Sunda. Untuk perhiasan sendiri, kamu dapat menyiapkan satu set atau memilih salah satu perhiasan yang ingin kamu jadikan sebagai seserahan.

(source: pexels.com)

- Kue & buah-buahan
Pihak calon mempelai laki-laki biasanya akan menyiapkan seserahan berupa buah-buahan serta kue kue seperti kue basah, kue kering serta cemilan khas Sunda. Untuk seserahan buah, kamu dapat memberikan buah apa saja asalkan buah masih segar dan tidak mudah busuk.

(source: pexels.com)

- Busana lengkap, alas kaki & tas
Pihak calon mempelai pria wajib menghantarkan seserahan berupa busana calon mempelai wanita mulai dari pakaian yang sering dipakai oleh calon sang istri di kehidupan sehari-hari. Di samping pakaian, seserahan seperti alas kaki seperti sandal atau sepatu & tas dapat disertakan.

(source: bridestory.com)

- Kain batik dan kebaya
Sama halnya seperti adat Jawa, di adat Sunda, kain kebaya dan kain batik wajib dijadikan seserahan saat akan meminang gadis Sunda. Kamu dapat memilih kain kebaya dalam bentuk brukat atau kebaya yang sudah jadi. Untuk kain batik, kamu dapat memilih kain batik bermotif floral yang menjadi simbol keanggunan dan kecantikan untuk calon istri kamu saat seserahan nanti.

Untuk kain batik yang cocok dijadikan seserahan untuk mempelai wanita kamu, silakan cek di wirawanbatik.com. Motif floral tradisional berwarna cerah yang merepresentasikan kecantikan, kebahagiaan dan kemakmuran. 

- Peralatan make-up
Salah satu seserahan yang wajib ada buat calon istri nih! Seserahan perlengkapan make-up terdiri dari foundation, bedak, lipstik, maskara, eyeliner hingga cat kuku. Konon katanya, perlengkapan make-up wajib dihantarkan agar sang calon istri senantiasa menjaga kecantikannya agar sang suami teguh pendiriannya dalam situasi apapun.

- Perlengkapan mandi
Barang seserahan yang biasanya dibawakan oleh pihak mempelai pria di adat Sunda adalah perlengkapan mandi. Untuk perlengkapan mandi, biasanya dicocokkan dengan merk-merk yang biasanya digunakan oleh sang mempelai wanita. Perlengkapan mandi saat lamaran adat Sunda memiliki arti bahwa agar sang calon istri senantiasa menjaga kebersihan diri dan keluarga saat setelah menikah.

Nah, itulah beberapa printilan seserahan yang wajib kamu bawa saat akan melamar calon istri yang memiliki adat Sunda. Mau tahu apa saja yang harus kamu bawa apabila calon istri kamu orang Jawa? Cek di sini!